CARA PERBAIKI AKI KERING MATI, SOAK, RUSAK JADI HIDUP KEMBALI
Mobil atau motor anda susah jalan dan lampunya sudah redup, susah starter kendaraan dll? Bisa jadi aki (Accu) mobil atau motor anda sudah soak atau bahkan ada aki motor yang sudah mati sehingga tidak bisa distarter harus selalu di engkol terus. Oya saat ini aki kering lebih banyak dan lebih umum digunakan dibanding aki basah. Sebelum anda membeli aki yang baru tidak ada salahnya anda mencoba memperbaikinya terlebih dahulu. Dibawah ini ada Tips cara perbaiki aki kering mati, soak, rusak jadi hidup kembali. Banyak yang berhasil memperbaiki dan mengatasinya sehingga aki kering 100% berfungsi kembali dengan baik. Mau Mencobanya?
Kelebihan Aki Kering Atau MF Battery
Pada saat ini kendaraan roda dua alias motor atau mobil sudah umum memakai aki kering karena tingkat kepraktisannya dan daya tahannya yang lebih awet. Accu type kering ini di sebut juga dengan MF Battery (Maintenance Free). Artinya, jenis aki seperti ini memang bebas perawatan karena tidak lagi memerlukan pengisian air accu maupun zuur secara wajib dan berkala. Kelebihan lainnya adalah peletakannya juga bebas ingin diposisikan tegak maupun miring tidak akan menjadi masalah.
Kelebihan yang paling menonjol dari aki MF adalah lebih mampu bertahan dan memiliki performa yang sangat tinggi karena memakai separator khusus dan grid yang tahan terhadap korosi. Dengan harga yang sedikit lebih mahal dari jenis aki basah, makanya akan lebih baik jika kita mempelajari cara memperbaiki aki kering yang soak atau sudah lemah supaya bisa lebih berhemat.
Pemakaian Aki Kering Saat Ini
Hampir semua pemakaian elektronik saat ini bisa dibilang mulai dari lampu emergency hingga sistem elektrikal mobil maupun motor mengaplikasikan aki MF sebagai penyimpan dan penyuplai tegangan DC nya. Belum lagi peralatan lainnya juga lebih memilih aki kering dibanding aki basah.
Persiapan Alat Dan Bahan Untuk Memperbaiki Aki Kering
Sebelum anda memulai langkah perbaikan aki kering sebaiknya anda mempersiapkan beberapa bahan dan alat untuk perlengkapannya sehingga prosesnya perbaikannya berjalan lancar.
Sekedar tips dan wawasan saja jika anda membeli aki kering sebaiknya memperhatikan adanya kode angka yang terdapat pada bagian atas bodi aki. Kode tersebut adalah catatan awal pengecasan aki yang diberikan oleh pabrik. Misalnya 10.8.14 berarti aki tersebut telah di cas pertama kali oleh pabrik pada tanggal 10 bulan 8 tahun 2014. Apa manfaatnya kita mengetahui kode pengecasan awal dari pabrik ini? Bermanfaat jika misalnya anda membeli aki dengan kode yang telah melewati usia 3-4 bulan sejak awal pengisian, pastikan anda melakukan pengecasan terlebih dahulu sebelum anda gunakan, agar tegangan bisa terisi penuh secara maksimal. Jika ini dilakukan maka aki kering anda akan lebih awet dan lebih tahan lama pemakaiannya.
Semoga bermanfaat.
Kelebihan Aki Kering Atau MF Battery
Pada saat ini kendaraan roda dua alias motor atau mobil sudah umum memakai aki kering karena tingkat kepraktisannya dan daya tahannya yang lebih awet. Accu type kering ini di sebut juga dengan MF Battery (Maintenance Free). Artinya, jenis aki seperti ini memang bebas perawatan karena tidak lagi memerlukan pengisian air accu maupun zuur secara wajib dan berkala. Kelebihan lainnya adalah peletakannya juga bebas ingin diposisikan tegak maupun miring tidak akan menjadi masalah.
Kelebihan yang paling menonjol dari aki MF adalah lebih mampu bertahan dan memiliki performa yang sangat tinggi karena memakai separator khusus dan grid yang tahan terhadap korosi. Dengan harga yang sedikit lebih mahal dari jenis aki basah, makanya akan lebih baik jika kita mempelajari cara memperbaiki aki kering yang soak atau sudah lemah supaya bisa lebih berhemat.
Pemakaian Aki Kering Saat Ini
Hampir semua pemakaian elektronik saat ini bisa dibilang mulai dari lampu emergency hingga sistem elektrikal mobil maupun motor mengaplikasikan aki MF sebagai penyimpan dan penyuplai tegangan DC nya. Belum lagi peralatan lainnya juga lebih memilih aki kering dibanding aki basah.
Persiapan Alat Dan Bahan Untuk Memperbaiki Aki Kering
Sebelum anda memulai langkah perbaikan aki kering sebaiknya anda mempersiapkan beberapa bahan dan alat untuk perlengkapannya sehingga prosesnya perbaikannya berjalan lancar.
- Belilah Air aki (zuur), Ingat pastikan membeli dengan benar yaitu air yang biasanya digunakan untuk mengisi aki baru, bukan air penambah cairan aki.
- Obeng minus (-) atau pencukit yang memungkinkan untuk digunakan sebagai pembuka cover bagian atas aki kering.
- Suntikan tinta printer atau jarum suntik untuk memasukkan air zuur kedalam box aki.
- Siapkan kain lap untuk persiapan jika ada cairan yang menetes atau tumpah secepatnya di lap.
- Pertama, siapkan aki kering yang akan diperbaiki dan usahakan dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran debu yang menempel pada bodi aki menggunakan air hangat agar kotoran bisa dengan mudah terlepas.
- Membuka penutup bagian atas dengan obeng minus secara paksa namun harus hati hati jangan sampai ada bagian yang robek atau pecah. Biasanya tutup merekat dengan kuat karena dari pabrik sudah di lem untuk mencegah kebocoran.
- Setelah terbuka, akan anda temukan tutup kecil dari karet bulat biasanya terdapat 3 buah tutup untuk aki ukuran kecil dan bisa lebih banyak untuk ukuran aki dengan ampere yang besar.
- Siapkan air zuur kedalam suntikan dan anda bisa mulai memasukkan cairan zuur pada setiap lubang yang ada secara hati hati dengan ukuran maksimal 1 cm di bawah lubang jangan sampai terlau penuh.
- Tutup kembali lubang dan pastikan telah terturup dengan rapat jangan sampai ada indikasi kebocoran atau merembas.
- Posisikan penutup body pada kedudukan semula sampai terlihat rapi dan rapat. Jika karena proses membuka yang tadinya secara paksa telah menimbulkan kelonggaran, anda bisa memberinya lem plastic (lem tembak) untuk membantu melekatkannya secara sempurna.
- Aki kering sudah siap untuk dilakukan CHARGER untuk pengisian tegangan dengan cara menghubungkan pada motor atau mobil yang sudah bisa menyala (JUMPER) agar aki yang baru diperbaiki ini mendapatkan tengangan inject awal sebagai starter. Ada pilihan lain yaitu dengan melakukan pengecasan menggunakan trafo cas (Charger Transformator) untuk pengisian awal yang lebih cepat.
- Anda bisa melakukan pengecekan apakah aki sudah memiliki muatan tegangan, jika sudah, anda bisa langsung memasang kembali pada mobil maupun motor yang di kehendaki kemudian lakukan starter untuk menyalakan mesin. Jika mesin telah berhasil di nyalakan, supaya dibiarkan pada posisi stationer (putaran langsam) hingga minimal 15 menit untuk menyesuaikan tegangan mengisi aki dengan stabil.
Baca Juga : Cara Perbaiki Aki Basah Drop, Soak Atau Mati Total Dengan Mudah Dan CepatTips Pemahaman Aki Kering
Sekedar tips dan wawasan saja jika anda membeli aki kering sebaiknya memperhatikan adanya kode angka yang terdapat pada bagian atas bodi aki. Kode tersebut adalah catatan awal pengecasan aki yang diberikan oleh pabrik. Misalnya 10.8.14 berarti aki tersebut telah di cas pertama kali oleh pabrik pada tanggal 10 bulan 8 tahun 2014. Apa manfaatnya kita mengetahui kode pengecasan awal dari pabrik ini? Bermanfaat jika misalnya anda membeli aki dengan kode yang telah melewati usia 3-4 bulan sejak awal pengisian, pastikan anda melakukan pengecasan terlebih dahulu sebelum anda gunakan, agar tegangan bisa terisi penuh secara maksimal. Jika ini dilakukan maka aki kering anda akan lebih awet dan lebih tahan lama pemakaiannya.
Semoga bermanfaat.