INI KESALAHAN MANASIN MOTOR DI PAGI HARI, TIPS CARA MANASIN MOTOR YANG BENAR
Kendaraan sepeda motor baik yang matic maupun yang non matic/sport tentunya hafal dengan ritual perawatan motor setiap harinya. Selain harus menjaga kebersihan motor juga merawat mesinnya agar awet masa pakainya. Ritual dipagi hari sebelum berangkat sekolah, kuliah atau bekerja adalah rutin memanaskan motor sebelum berangkat. Nah untuk yang satu ini hati-hati sob! Jangan asal manasin, gerung-gerung sebentar lalu tancap gas. Ini kesalahan manasin motor di pagi hari, Ada tips cara manasin motor yang benar dan baik. Tentunya kita ingin sepeda motor kita terawat mesinnya dan performanya juga tetap baik kan? Lagian juga berisik manasin motor sampai di gaspol pagi-pagi. Mau dilempar sendal sama tetangga?
Kali ini saya akan membahas kesalahan yang sering dilakukan pemilik motor saat manasin motor di pagi hari.
Manasin motor memang sangat diperlukan untuk merawat mesin motor tersebut, karena ketika motor dingin langsung dipakai maka akan mengakibatkan usia mesin menjadi pendek.
Ternyata saat proses memanasin motor banyak pemilik motor tidak sadar bahwa yang dilakukannya itu salah, lalu apa saja kesalahannya ?
MEMAKAI ELECTRIC STARTER
Sebenarnya fungsi electric starter adalah memudahkan pemilik motor untuk menghidupkan motor atau mesini.
Namun kalau dipagi hari, hal ini sangat tidak dianjurkan dan sudah tertulis juga di pedoman perawatan motor.
Aki tanpa disadari akan mengeluarkan massanya sendiri, dan disaat malam aki akan mengeluarkannya dan tanpa pengisian ualang.
Lalu saat belum diisi, sudah dipakai untuk daya yang kuat maka otomatis jika itu terus dilakukan secara berulang, maka hasilnya akan memperpendek usia pada aki.
Maka dari itu disarankan untuk menggunakan kick starter atau starter manual saat pagi hari, karena biarkan aki mendapatkan pengisian daya terlebih dahulu.
Sebenarnya di sepeda motor ada pengisian aki secara sendiri melalui AC Magneto atau Spool, maka dari itu dianjurkan untuk menggunakan motor setiap hari minimal 2 km agar pengisian sempurna, dan dalam kecepatan antara 40-60 km atau di gas diatas stationer.
TERLALU SEBENTAR
Terlalu sebentar melakukannya juga tidak dianjurkan, fungsi memanasin motor selain untuk mengisi daya awal aki juga melumasi bagian mesin.
Maka dari itu agar lebi maksimal usahakan saat melakukan pemanasan pada motor dengan menarik handle gas di rpm minimal 3000, karena dengan rpm segitu otomatis pengaliran oli akan lebih cepat dan maksimal.
Lakukan paling lama 3 atau 4 menit saja.
TERLALU LAMA
Kalau tadi terlalu sebentar kali ini terlalu lama, ini sangat tidak dianjurkan kalau motor kamu masih bertipe pendinginan dengan menggunakan sirip bukan kipas apalagi radiator.
Karena cara kerja pendinginan sirip adalah menggunakan angin jadi saat motor tidak jalan maka angin juga tidak maksimal sehingga mesin tidak mendapatkan pendinginan yang sesuai dan mengakibatkan over heat.
TIDAK MENGGUNAKAN COOK
Ini untuk sepeda motor tipe karburator, karena kalau tipe injeksi tidak ada Cook, dan secara otomatis menggunakan sensor suhu untuk membaca suhu sekitar.
Untuk karburator sering kali sepeda motor mati saat di panasin, karena settingan karbu tidak dapat berubah sewaktu-waktu, mungkin saja saat kita mengatur setellan karbu itu disaat suhu panas maka saat di pagi hari yang membutuhkan lebih banyak bensin hal tersebut tidak berfungsi atau kurang.
Maka dari itu dibutuhkan cook (letaknya dibawah handle kiri ), fungsi cook itu sendiri untuk menambah bahan bakar di sepeda motor.
Jadi 4 faktor tersebut mungkin sering kali kita tidak sadar melakukannya, namun setelah membaca ini diharapkan tidak ada kesalahan dasar saat memanasin sepeda motor kesayangan, karena memang biaya repair dari sepeda motor tidak murah.
Jika Artikel ini dirasa bermanfaat bagi orang lain silahkan anda share atau bagikan melalui Media sosial Dan semoga bisa membantu yang lain menemukan solusinya. Terima kasih
Kali ini saya akan membahas kesalahan yang sering dilakukan pemilik motor saat manasin motor di pagi hari.
Manasin motor memang sangat diperlukan untuk merawat mesin motor tersebut, karena ketika motor dingin langsung dipakai maka akan mengakibatkan usia mesin menjadi pendek.
Ternyata saat proses memanasin motor banyak pemilik motor tidak sadar bahwa yang dilakukannya itu salah, lalu apa saja kesalahannya ?
MEMAKAI ELECTRIC STARTER
Sebenarnya fungsi electric starter adalah memudahkan pemilik motor untuk menghidupkan motor atau mesini.
Namun kalau dipagi hari, hal ini sangat tidak dianjurkan dan sudah tertulis juga di pedoman perawatan motor.
Aki tanpa disadari akan mengeluarkan massanya sendiri, dan disaat malam aki akan mengeluarkannya dan tanpa pengisian ualang.
Lalu saat belum diisi, sudah dipakai untuk daya yang kuat maka otomatis jika itu terus dilakukan secara berulang, maka hasilnya akan memperpendek usia pada aki.
Maka dari itu disarankan untuk menggunakan kick starter atau starter manual saat pagi hari, karena biarkan aki mendapatkan pengisian daya terlebih dahulu.
Sebenarnya di sepeda motor ada pengisian aki secara sendiri melalui AC Magneto atau Spool, maka dari itu dianjurkan untuk menggunakan motor setiap hari minimal 2 km agar pengisian sempurna, dan dalam kecepatan antara 40-60 km atau di gas diatas stationer.
TERLALU SEBENTAR
Terlalu sebentar melakukannya juga tidak dianjurkan, fungsi memanasin motor selain untuk mengisi daya awal aki juga melumasi bagian mesin.
Maka dari itu agar lebi maksimal usahakan saat melakukan pemanasan pada motor dengan menarik handle gas di rpm minimal 3000, karena dengan rpm segitu otomatis pengaliran oli akan lebih cepat dan maksimal.
Lakukan paling lama 3 atau 4 menit saja.
TERLALU LAMA
Kalau tadi terlalu sebentar kali ini terlalu lama, ini sangat tidak dianjurkan kalau motor kamu masih bertipe pendinginan dengan menggunakan sirip bukan kipas apalagi radiator.
Baca Juga : Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Ban Motor Benjol Secara Mudah Dan CepatKarena dengan terlalu lama kamu memanaskan motor, maka otomatis motor akan mengalami over heat atau panas berlebih, dan ini juga tidak baik.
Karena cara kerja pendinginan sirip adalah menggunakan angin jadi saat motor tidak jalan maka angin juga tidak maksimal sehingga mesin tidak mendapatkan pendinginan yang sesuai dan mengakibatkan over heat.
TIDAK MENGGUNAKAN COOK
Ini untuk sepeda motor tipe karburator, karena kalau tipe injeksi tidak ada Cook, dan secara otomatis menggunakan sensor suhu untuk membaca suhu sekitar.
Untuk karburator sering kali sepeda motor mati saat di panasin, karena settingan karbu tidak dapat berubah sewaktu-waktu, mungkin saja saat kita mengatur setellan karbu itu disaat suhu panas maka saat di pagi hari yang membutuhkan lebih banyak bensin hal tersebut tidak berfungsi atau kurang.
Maka dari itu dibutuhkan cook (letaknya dibawah handle kiri ), fungsi cook itu sendiri untuk menambah bahan bakar di sepeda motor.
Jadi 4 faktor tersebut mungkin sering kali kita tidak sadar melakukannya, namun setelah membaca ini diharapkan tidak ada kesalahan dasar saat memanasin sepeda motor kesayangan, karena memang biaya repair dari sepeda motor tidak murah.
Baca Juga : Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Starter Motor Matic Dengan Tepat Dan MudahNah Demikianlah ulasan singkat tentang artikel Ini kesalahan manasin motor di pagi hari, Ada tips cara manasin motor yang benar dan baik. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang biasa melakukannya sehari-hari.
Jika Artikel ini dirasa bermanfaat bagi orang lain silahkan anda share atau bagikan melalui Media sosial Dan semoga bisa membantu yang lain menemukan solusinya. Terima kasih