Skip to main content

Kolom iklan

Cara Memperbaiki Touchscreen Layar Sentuh HP Mati Sebagian

HP android yang sudah berumur dan lama digunakan biasanya sering mengalami gangguan atau kerusakan karena pemakaian. Nah salah satunya adalah Touchscreen atau layar sentuhnya mati sebagian dan tidak ada respons saat disentuh. Hal ini tentu sangat menyebalkan bukan? Kira-kira apakah penyebabnya layar sentuh HP ini tidak berfungsi sebagian? Adakah cara solusi mengatasi dan memperbaikinya? Ada beberapa cara mengatasi dan memperbaiki Layar sentuh HP atau Touchscreen yang mati sebagian ini. Tapi jika alternatif solusi ini telah dicoba dan tetap tidak berfungsi berarti touchscreen anda harus diganti.

Cara Memperbaiki Touchscreen Layar Sentuh HP Mati Sebagian

Ponsel yang menggunakan touchscreen juga sering mengalami masalah dimana yang sering bermasalah adalah touchscreennya tidak berfungsi atau mati. Hal ini bisa disebabkan karena terjadi benturan sehingga pecah dan tidak bisa digunakan. Ada juga yang tidak pecah akan tetapi tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu anda juga akan menemukan banyak masalah pada touchscreen seperti tidak mati sebagian dan sebagian lagi berfungsi dengan ordinary. Agar anda bisa mengambil tindakan yang pas anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari touchscreen yang mati atau tidak berfungsi.

PENYEBAB TOUCHSCREEN MATI SEBAGIAN

Mungkin anda punya masalah dengan touchscreen yang mati sebagian, penyebab dari masalah ini bermacam-macam akan tetapi sebagian besar yang disebabkan karena hal berikut ini.
Layar ponsel tertindih barang berat atau barang-barang jatuh tepat pada layar ponsel sehingga touchscreen sebagian mati dan sebagian lagi berfungsi dengan typical
Sering menggunakan charger ponsel yang tidak standart atau bukan miliknya. Sebagian besar orang sering menggunakan charger orang lain walaupun berbeda ponsel dan merek. Selain itu sering menggunakan control bank juga menjadi salah satu penyebab dari errornya touchscreen pada ponsel anda.

Sistem android yang terganggu karena belum melakukan refresh sehingga terkesan lambat. Hal ini menyebabkan touchscreen ponsel anda berfungsi sebagian.
Nah itulah beberapa penyebab dari touchscreen mati sebagian yang perlu anda ketahui sebelum anda mengetahui cara mengatasi touchscreen mati sebagian. Jika anda sudah mengetahuinya maka anda bisa lebih berhati-hati lain kali jika touchscreen anda sudah tidak mistake lagi.

Jika anda sudah tidak sabar untuk mengetahui cara mengatasi touchscreen mati sebagian anda bisa langsung simak caranya dibawah ini.

1. MENGAKTIFKAN MENU POINTER LOCATION

Yang pertama yang perlu anda lakukan adalah mengetahui apakah sebagian dari touchscreen yang mati tersebut memang benar-benar rusak atau karena kurang sensitif saja. Oleh sebab itu anda harus mengaktifkan Pointer Location, berikut ini caranya.

Pertama-tama silahkan anda masuk ke menu Setting lalu anda klik About.
Maka secara otomatis akan muncul Build Number, silahkan anda klik sebanyak 5x atau 7x sampai muncul menu Mode Pengembang. Perlu anda ketahui bahwa beda merk ponsel maka berbeda pula caranya.

Jika menu Developer Option muncul, silahkan anda klik dan akan muncul menu Pointer Location. Berikutnya anda centang kolom Pointer Location untuk mengaktifkannya.

Jika anda suda mengaktifkan Pointer Location, disana akan muncul garis ketika anda menyentuh touchscreen. Jika anda menyentuh touchscreen dan muncul garis maka bagian yang ada garisnya tersebut menandakan masih berfungsi dengan baik. Silahkan anda sentuh semua dengan cara mengkliknya, jika semuanya bisa di klik maka touchscreen anda baik-baik saja dan dipastikan mati sebagian pada layar bukan karena touchscreen rusak karena hal lain. Akan tetapi jika ada sebagian tidak muncul garis maka sudah bisa dipastikan bahwa touchscreen anda memang benar-benar rusak sehingga harus mengganti LCD.

Silahkan anda lakukan Factory Reset jika semua garis yang anda klik muncul untuk menormalkan masalah touchscreen mati sebagian.

2. CEK POSISI LCD

Jika sebelumnya ponsel anda ada masalah karena terjatuh, anda mungkin perlu mengecek posisi dari LCD anda terhadap dudukan pada plat PCB pada ponsel anda. Jika anda takut untuk membuka LCD pada ponsel anda karena tidak pengalaman anda bisa serahkan pada yang ahlinya seperti diperbaiki di konter atau meminta bantuan kepada teman yang sudah pengalaman.

Nah begitulah Cara Mengatasi dan Memperbaiki Layar Sentuh HP Touchscreen Mati Sebagian yang bisa anda lakukan pada ponsel anda masing-masing. Sebaiknya anada lebih berhati-hati dalam menggunakan HP android kesayangan anda dan semoga tips singkat ini bermanfaat dan HP anda bisa normal kembali. Tapi jika tetap tidak bisa normal berarti sparepart layar sentuh atau Touchscreen HP anda harus diganti. Bawalah ke tempat service HP terdekat dan terpercaya tentunya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.